Jumat, 11 Februari 2011

my lovely Grandma :')

--28 Januari 2011--

pada tanggal itu nenek gue berulang tahun yang ke 81 tahun. Udah sangat senior kan? :)
Seneng banget rasanya simbah (panggilan gue ke nenek) bisa diberi umur segitu panjang. Tuhan baikk banget deh udah mau ngasih simbah umur sepanjang itu :)) Makasihh yaa Tuhan...

Tapi, yang bikin gue sedih..tanggal 29, setelah perayaan ulang tahun simbah, simbah jatuh sakit. Mungkin karena kecapekan duduk berjam-jam selama acara kebaktian syukuran ulang tahun beliau. Setelah acara, simbah kesulitan buat bisa berdiri dari kursi. Badannya gemeteran waktu berusaha bangkit berdiri. Kita semua berpikir kalau itu pasti cuma kecapekan biasa aja. Nggak disangka..keadaan simbah terus memburuk setelah itu. Beberapa hari setelahnya Beliau mulai kesulitan untuk berdiri. Simbah cuma bisa duduk di atas tempat tidur aja. Makin hari keadaannya bukannya semakin membaik. Sampai akhirnya untuk dudukpun beliau gak mampu :'(

Hari minggu malam, 6 februari 2011, tante gue tiba-tiba nelpon, minta gue sama ade gue dan bokap cepett-cepet dateng ke rumahnya. Katanya, keadaan simbah udah  parah banget.  Perasaan gue langsung gak enak. Terakhir kali kesana hari sabtu, keadaannya sempet membaik. simbah masih bisa duduk dan ngobrol sama gue. Sampai di sana gue kaget banget. simbah terbaring gak berdaya di tempat tidur, mukanya pucet banget. Rahangnya bergetar, seperti mau ngomong sesuatu tapi nggak bisa. Tanpa gue sadari gue terisak menangis. Rasanya sediiiiiiiiiiiiihhh banget saat itu ngeliat keadaan simbah kayak gitu. Biasanya setiap kali gue dateng simbah, selalu bilang "oo ganis teko" (oo..ganis dateng), sambil tersenyum ceria. Tapi, kali itu yang bisa beliau lakukan hanya memandangi gue sambil berusaha mengucapkan sesuatu yang gak bisa terdengar. dan yang bisa gue lakukan cuma menangis sambil memegangi tangannya.

Malam itu, air mata gak pernah bisa surut dari mata gue. Gue sayang banget sama simbah. Dari gue kecil simbah tuh yang ngurusin gue kalo nyokap lagi sakit. Simbah juga yang jadi temen gue waktu gue lagi berantem sama bokap nyokap. Simbah yang selalu ngajak gue jalan-jalan. padahal bokap nyokap gue aja nerah ngadepin gue kecil yang suka guling-gulingan di jalanan kalo ngambek. Gue kangen banget Simbah yang selalu jadi temen berantem gue, simbah yang jadi tempat gue berlindung, simbah yang selalu ngomelin gue, simbah yang suaranya kenceng banget, simbah yang sayang banget sama gue. :'(

Lalu, kira-kira jam sebelas malem, setelah diperiksa dokter,  keadaannnya membaik. Panasnya turun dan simbah bisa berbicara lagi walaupun pelan banget. Tapi hari senin malam..keadaannya memburuk lagi. Waktu itu nyokap sama bokap nengok simbah. Tiba-tiba nyokap balik . Dengan muka cemas nyokap bilang keadaan simbah parah lagi. Katanya, papah ga bisa berhenti nangis .

Di perjalanan ke rumah simbah, tanpa sebab gue menggigil hebat. Padahal gue pake jaket tebel banget waktu itu. Mungkin rasa takut dan khawatir yang membuat gue menggigil. Sampai di rumah nenek gue. Nenek kelihatan lema banget. Dan yang bikin gue sedihh banget adalah Beliau ngasih tas kecil warna item punya beliau ke gue sambil bilang kalau beliau selalu mendoakan gue sehat, dapet jodoh yang baik, dan jadi orang sukses. Sumpah gue takut banget waktu itu. Ya Tuhann..gue belum siap kalau simbah mesti pergi. Tapi, malem itu simbah selalu bilang..."ojo nangis..nyong urip kok. mari." (jangan takut, saya hidup kok, sembuh.) Kata-kata itu sedikit menenangkan gue, karena itu berarti simbah masih punya semngat hidup yang tinggi.

Besoknya simbah diperiksa dokter lagi karena beliau ga bisa makan. Apa yang masuk ke dalam mulutnya langsung dimuntahkan. Ternyata, beliau menderita asam lambung yang cukup parah. Akhirnya dokter bilang mesti dimasukkan selang dari hidung menuju lambungnya untuk memasukkan obat sama makanan. Gue ga tega ngeliat dipasangnya selang itu. Pasti sakit banget rasanya :'{

Tapi syukurlah, semenjak itu keadaan simbah sudah membaik. Beliau sudah nggak muntah-muntah lagi, dan walaupun cuma bisa minum susu lewat selang itu, setidaknya ada nutrisi yang masuk ke tubuhnya. Sekarang, yang bisa gue lakukan cuma menjaga simbah sebisa gue dan berdoa..semoga keadaannya terus membaik dan simbah bisa sembuh lagi seperti semula. Simbah, pasti sembuh kan! :)

2 komentar:

  1. hai nezz, tukeran link dong? link mu udah dipasang diblog ku, kunjungi yah...

    BalasHapus
  2. oke :) , tapilink blog kamu yang mana? kan ada dua blognya

    BalasHapus

Cute Kiwi