Rabu, 14 September 2011

Life is a Choice :)

Hidup penuh pilihan. Kesannya berat banget ya bahasanya. Tapi, nyadar gak sih, sejak lahir, kita selalu dihadapkan dengan pilihan. Waktu SD dulu, gue inget banget duit jajan gue cuma gopek. haha. Dan dengan duit jajan segitu, gue paling cuma dapet satu macem jajanan. Otomatis, setiap hari gue harus milih. Mau gak jajan hari ini trus besok beli citos, apa sekarang jajan popcorn gopekan depan sekolah, apa jajan choki", lumayan dapet dua biji. Yah intinya gitu deh. Tanpa sadar, gue, kita semua, selalu melakukan pilihan. Setiap hari. Setiap saat.

Tapi kadang-kadang, emang ada masanya, pilihan-pilihan yang dateng gak sesederhana itu. Ada kalanya pilihan-pilihan yang dateng buat kita galau. bingung setengah mati. 

Ada saat-saat dimana kita dihadapkan kepada kristal-kristal berkilauan di depan kita. Semuanya keliatan berkilauan. Semua keliatan indah. Tapi, kita gak tau mana yang berlian asli.

 Ada saatnya kita harus memilih jalan. Yang kanan atau yang kiri, yang lurus, atau yang belok-belok. Kita nggak tahu apa yang terjadi jika kita memilih yang lurus, bisa jadi ujungnya jurang. Kita juga gak tahu gimana jadinya kalau kita memilih yang belok-belok. Bisa jadi bensin abis di perjalanan. Dan kita berhenti di tengah jalan.

Well. Satu yang pasti, kita harus tetap memilih. 

Oh yeah, kecuali bisa milih dua-duanya. Tapi itu jarang banget kan. Namanya juga pilihan.

Minggu kemarin gue mengalami dilema besar. Galau maksimal deh. Sampai susah tidur berhari-hari. Ya, dimasa liburan kayak gini emang gue selalu susah tidur sih, anyway. Minggu terakhir ini susah tidurnya jadi tambah parah.



Jadi ceritanya, hari jumat gue dapet telpon dari nomor nggak dikenal. Tadinya gue pikir dari pangeran Harry yang mau ngelamar gue     Pas gue angkat, ternyata suara embak" gitu. Dari pihak kampus ternyata. Mbak" itu langsung bilang kalau gue termask calon mahasiswa SarMag. Dan gue disuruh dateng hari Senin, 12 september ke kampus buat briefing . Wah gue kaget banget. Dan seneng. Dan bingung.

By the way,  kampus gue ada yang namanya program SarMag. Sarjana Magister. Dan cuma ditawarin ke mahasiswa semester 3 yang IP nya diatas 3,5. Ini tuh semacem program akselerasi gitu. Jadi dalam empat tahun kita dapet dua gelar sekaligus. S1 dan S2.  S1 nya dipadetin jadi 3 tahun, dan S2 jadi 1 tahun. Hemat waktu banget. Keren kan. 

Gue sebenernya udah lama tahu tentang program ini. Berkat mbah gugel gue menemukan blog" anak sarmag yang nyeritain pengalamannya di sarmag. Intinya di program ini, kita bakal dapet fasilitas ruang kelas mewah, dosen" tamu yang didatengin dari luar negeri, setaun bisa ngundang 4 kali yang dari luar. Suasana belajar yang lebih kondusif karena sekelas maksimal 20 orang, dan kesempatan buat S2 di perancis. Gratiss.

Dan ini emang bikin gue ngiler. 

Gue langsung kebayang gue lagi jalan-jalan di Perancis. Di ladang-ladang anggur di sana. Trus jalan-jalan ke Italia buat menysuri kanal-kanal air Venesia dan nonton pertandingan liga Italia langung. Pulangnya, mampir deh ke Belanda buat beli ind*mie Hahahaa.

Tapi yang jadi masalah, kampus sarmag ini bukan di Depok. Di Simatupang boo. Gue ke depok aja selama ini perjalanan udah 1 setengah jam. Ini jakarta... Mau gak mau gue harus ngekos kan. Biaya hidup berapa coba disana? jakarta meeeen. 

Belum lagi mesti bayar lagi 10 juta buat dapet laptop+kursus" yang dapet sertifikat internasional macem cisco, sap, dll. Biaya kuliah sih emang didiskon gede"an. Yang harusnya persemester bisa belasan juta, kita cuma perlu bayar kayak biaya kuliah reguler S1 biasa aja, kayak yang dibayar pas semester 1 dan 2. Murah sih sebenernya. Sebanding banget sama apa yang bakal kita dapetin nanti. 

Jumat, Sabtu, Minggu, gue galau.

 Dan akhirnya tiba hari Senin. Briefing dimulai (ketemu banyak temen" loh disini. Banyak temen SMA yang jadi calon mhs. sarmag juga. Juga temen-temen baru calon sekelas di IA01 ^^) Briefingnya isinya sama aja, nggak jauh beda sama apa yang gue dapetin dari internet. Dan gue malah kebanyakan, ngobrol dan bercanda sama sohib gue, si jonggol. haha

Tapi di briefing diumumin, hari rabu dan kamis, kita harus dateng buat ter toefl dan wawancara.

Pulangnya, gue diskusi sama ortu. Tentang sarmag itu. Bokap dan Nyokap ikutan galau. Dan setelah diomongin, akhirnya kita bersama memutuskan buat nggak melanjutkan ikut test buat program itu. Pertama biaya hidup di jakarta pasti bakal mahal.Kedua, saran ortu, kalaupun gue ngelanjut S2 ya di kampus negeri. 

Dan yah, setelah ngambil keputusan itu Emang masih rada gak rela sih. Soalnya kesempatannya bagus banget sebenernya. 

Malemnya gue ngerenung lagi. Dan kali ini, tiba-tiba pikiran gue yang mampet selama beberapa hari terakhir langusng ngalir lancar gitu. Gue mikirin lagi semuanya pake logika. Dan setelah itu ngedengerin kata hati gue.

Setelah itu gue yakin dan makin mantep sama pilihan ini.  Gue nggak ambil test sarmagnya. Gue akan tetep di reguler. Reguler juga nggak jelek kok. Dan kesempatan buat kuliah S2, mungkin nanti aja ya, kalau gue udah kerja dulu, dan bisa ngebiayain sendiri nanti. Dan tentang kesempatan kuliah di luar negeri? Selalu ada kesempatan buat kuliah di luar negeri. Sekarang banyak beasiswa S2 di luar negeri kan :)


*hahaha gaya banget yah, padahal kalo ikut tesnya juga belum tentu gue keterima. wakakakaa*

Oke. gue nggak tahu gimana masa depan gue nanti. Mungkin aja semua nggak sesuai rencana. Tapi, ya, jalanin aja. Ini kan jalan yang udah gue pilih. :)

Well, buat kalian yang kebetulan baca corat-coret gue ini, kalian-kalian yang lagi penuh dilema dan gundah gulana. Pikirkanlah dan seleksi semua pilihan dengan logika dulu. Dan terakhir seleksi pake hati. Hati nggak pernah salah.

Good luck! Sorry ini panjang banget. haha

12 komentar:

  1. oo..itu seleksi maba sarmag nya udah selesai? kamu beneran nggak diambil?

    BalasHapus
  2. ho.oh ka. belum. temen" ku yang tes toeflnya dibawah 400 masih dikursusin dulu seminggu. pengumumannya minggu depan jadinya.

    iya. hehe.kejauhan ka kampusnya :)

    BalasHapus
  3. emang kamu rumah nya dimana? ke simatupang naek kereta deket kok :D

    BalasHapus
  4. di cibinong ka. jauh dari rumah aku ke stasiun :D kaka sarmag ya? jurusan apa ka?

    BalasHapus
  5. emang kakak sekarang kul dimana? wah,,hebatnya... tapiemang pendidikan mahal yaa ><

    BalasHapus
  6. di Gunadarma dek :) hebat apanya deh? hahaha. iya emang jaman sekarang mahal . kamu jadinya kuliah dimana?

    BalasHapus
  7. hebat semuanya..hohoho

    di upi bandung kak :)

    BalasHapus
  8. mu ngisi buku tamu tapinya eror..
    ya udah d sini aja dah.

    salam knal mbak'e..
    dari bapake disini ;D

    BalasHapus
  9. ikrim: cieee ngekost dong ya disana? jurusan apa nih dek? iya nih bingung mau nulis apa haha

    oomguru: salam kenal juga. thanks sudah berkunjung :D

    BalasHapus

Cute Kiwi